• Breaking News

    Enam gajah mati saat mencoba menyelamatkan satu sama lain: bangkai berisiko mencemari air dan menyebarkan penyakit

    Pejabat Thailand memperkirakan kawanan gajah jatuh saat berusaha menolong seekor bayi gajah.Hak atas foto Thailand DNP Image caption Pejabat Thailand memperkirakan kawanan gajah jatuh saat berusaha menolong seekor bayi gajah.

    Para petugas berusaha mengangkat bangkai enam gajah yang mati saat berusaha menyelamatkan bayi gajah yang terjatuh dari air terjun di Thailand.

    Kini mereka memperingatkan bangkai gajah tersebut dapat meracuni air.

    Petugas di Taman Nasional Khao Yai memasang jaring di hilir agar bangkai tidak mencapai bendungan besar.

    Gajah jatuh dari air terjun Haew Narok (Air Terjun Neraka). Dua ekor lainnya berhasil diselamatkan pada hari Sabtu (05/10).

    Departeman Taman Nasional, Konservasi Alam dan Tanaman (DNP) Thailand mengatakan para petugas mendatangi tempat kejadian pada hari Sabtu pagi ketika kawanan gajah tampak menutupi jalan di samping air terjun.

    Tiga jam kemudian, bangkai gajah berumur tiga tahun terlihat di dekat pos Haew Narok, lima ekor lainnya ditemukan di dekatnya.

    “Misi selanjutnya adalah bagaimana mengangkat bangkai dari sungai. Enam ekor masih berada di sungai yang arusnya sangat kuat saat ini,” kata para petugas.

    “Kami menggunakan tali di sungai dan banyak orang membantu untuk mengangkat bangkai.”

    Image caption Dua ekor gajah menyelamatkan diri di bebatuan.

    Edwin Wiek, pendiri Wildlife Friends Foundation Thailand, mengatakan kepada BBC bahwa para penyelamat “berharap dapat membawa bangkai ke lokasi yang memungkinkan pengangkatan dengan menggunakan alat penggali dan menguburnya di sana.”

    “Bangkai akan sangat bau dan muncul kekhawatiran akan penyebaran penyakit,” tambahnya.

    Dua gajah yang selamat ditemukan berusaha berlindung di bebatuan. Petugas taman nasional mengatakan kepada BBC pada hari Senin (07/10) bahwa pihaknya telah memantau jejak kedua gajah itu dan meyakini mereka dalam keadaan selamat.

    Tetapi pada ahli memperingatkan akan sulit bagi gajah untuk bertahan hidup karena mereka bergantung pada kawanannya guna mendapatkan perlindungan dan makanan.

    Kejadian pada hari Sabtu tersebut bukanlah yang pertama kalinya di Haew Narok. Kawanan delapan ekor gajah jatuh ke air terjun pada tahun 1992.

    Para petugas sekarang sedang berusaha mencegah terjadinya peristiwa yang sama di masa depan.

    Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Varawut Silpa-archa memerintahkan pembuatan pembatas agar binatang tidak jatuh ke air terjun.

    Dia juga memerintahkan pembuatan tempat makan di sekitar taman untuk mencegah kelangkaan makan agar binatang tidak mendekati tempat berbahaya, lapor Bangkok Post.


    Artikel yang berjudul “Enam gajah mati saat mencoba menyelamatkan satu sama lain: bangkai berisiko mencemari air dan menyebarkan penyakit” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments