• Breaking News

    Robert Mugabe, mantan presiden Zimbabwe, meninggal di Singapura

    Robert MugabeHak atas foto Getty Images

    Robert Mugabe, presiden pertama Zimbabwe pascamerdeka, meninggal dunia pada usia 95 tahun.

    Kematiannya, menurut pihak keluarga kepada BBC, terjadi setelah dia berjuang melawan kondisi kesehatan yang buruk. Sejak April lalu, Mugabe menjalani perawatan di rumah sakit di Singapura.

    Mugabe lengser dari kursi presiden melalui kudeta militer pada November 2017, mengakhiri kekuasaan selama 30 tahun.

    Dia memenangi pemilihan pertama Zimbabwe pascakemerdekaan dengan menjadi perdana menteri pada 1980. Selang tujuh tahun kemudian, dia menghapus jabatan PM untuk kemudian menjabat presiden.

    Pada awal kekuasaannya, Mugabe mendapat sanjungan karena membuka akses kesehatan dan pendidikan untuk mayoritas warga kulit hitam.

    Namun, reformasi agrarianya yang kontroversial memicu perekonomian ambruk dan pada penghujung kekuasaanya diwarnai beragam pelanggaran HAM serta korupsi.

    Presiden Emmerson Mnangagwa mengutarakan “kesedihan mendalam” atas kepergian Mugabe seraya menyebut pria berusia 95 tahun itu “bapak pendiri Zimbabwe” dan “ikon pembebasan”.

    ‘Ikon pembebasan’

    Mugabe lahir pada 21 Februari 1924 di negara yang saat itu disebut Rhodesia.

    Dia pernah dipenjara selama lebih dari 10 tahun tanpa melalui proses peradilan setelah mengritik pemerintah Rhodesia pada 1964.

    Saat masih di penjara pada 1973, dia terpilih sebagai ketua Serikat Nasional Zimbabwe Afrika (Zanu), partai yang didirikannya.

    Setelah dibebaskan, dia menuju Mozambik dan menempuh perlawanan bersenjata dengan mengarahkan serangan gerilya ke Rhodesia. Namun, dia dikenal sebagai juru runding nan ulung.

    Kesepakatan politik untuk mengakhiri krisis berujung pada pendirian negara Republik Zimbabwe, dan pemilu pada 1980.

    Mugabe, yang terkenal dengan gerakan kemerdekaannya, mendapat kemenangan telak.

    Hak atas foto Getty Images Image caption Ekonomi Zimbabwe mengalami hiper-inflasi pada 2008. Saat itu ingkat inflasi Zimbabwe mencapai 230 juta persen yang ditandai dengan keluarnya uang kertas ratusan miliar dollar. Nilai uang kertas itu bahkan tidak cukup membeli roti.

    Jejak rekam Robert Mugabe

    1924: Lahir

    Mendapat pelatihan sebagai guru

    1964: Dipenjara oleh pemerintah Rhodesia

    1980: Memenangi pemilu pascakemerdekaan Zimbabwe.

    1996: Menikah dengan Grace Marufu

    2000: Kalah referendum, setelah itu milisi pro-Mugabe menginvasi lahan pertanian milik warga kulit putih dan menyerang pendukung oposisi.

    2008: Menempati posisi kedua pada putaran pertama pemilu dari Morgan Tsvangirai yang kemudian menarik diri dari putaran selanjutnya di tengah serangan terhadap pendukungnya.

    2009: Di tengah keambrukan ekonomi, melantik Tsvangirai sebagai perdana menteri yang memimpin pemerintahan selama empat tahun.

    2017: Mendepak sekutunya, Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa, agar istrinya, Grace, bisa menjadi presiden.

    November 2017: Militer mengintervensi dan memaksanya lengser dari kekuasaan.


    Artikel yang berjudul “Robert Mugabe, mantan presiden Zimbabwe, meninggal di Singapura” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments