• Breaking News

    Kebakaran hutan yang membentuk lapisan asap di atmosfir dan menjadikan langit Jambi merah

    Fenomena langit merah di Provinsi Jambi, terutama di Kabupaten Muaro Jambi, menghebohkan warganet. Foto dan video langit dengan warna tidak biasa tersebut viral dalam beberapa hari ini di media sosial.

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut femonena itu disebabkan tingginya konsentrasi partikel debu polutan berukuran sangat kecil yakni 0,7 mikrometer di atmosfer, yang berasal dari asap kebakaran hutan dan lahan.

    “Partikel kecil ini terbawa udara naik ke atas dan membentuk selimut atau lapisan asap di atmosfer. Kalau partikel yang menyebabkan warna merah, itu artinya ukuran diameter partikel sama dengan panjang gelombang warna merah di matahari,” kata Siswanto, Kepala Subbidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG.

    Simak juga:

    Siswanto juga menambahkan, partikel polutan tersebut berbahaya bagi kesehatan bila terhirup manusia.

    Di sisi lain, data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi menyebut titik api di wilayah mereka hingga September 2019 berjumlah 342 dengan jumlah terbanyak, 286 titik api berlokasi di Muaro Jambi.

    Adapun teknik pemadaman kebakaran melalui udara menggunakan water bombing tidak bisa dilakukan lantaran jarak pandang terbatas. Pemadaman api hanya bisa dilakukan melalui jalur darat dengan cadangan air yang terus berkurang akibat kemarau panjang.

    Video Editor: Lesthia Kertopati


    Artikel yang berjudul “Kebakaran hutan yang membentuk lapisan asap di atmosfir dan menjadikan langit Jambi merah” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments