• Breaking News

    Jenazah veteran Perang Vietnam yang ‘hilang’ disambut luar biasa di kota kelahirannya

    Col Knight is carried off the plane in DallasHak atas foto Twitter/Jackson Proskow Image caption Jenazah Kolonel Knight setelah diturunkan dari pesawat yang membawanya.

    Ratusan orang penumpang di bandar udara Dallas, AS, menyisihkan waktu sejenak untuk menyaksikan kembalinya seorang veteran Perang Vietnam yang gugur.

    Kolonel Roy Knight Jr terakhir kali dilihat oleh keluarganya di bandara yang sama 52 tahun silam, ketika mereka mengucapkan selamat tinggal sebelum dia pergi berperang.

    Pilot yang menerbangkan jasad Knight kembali ke negaranya adalah putranya, Bryan, yang terakhir kali melihat ayahnya pada usia lima tahun.

    Kolonel Knight terlibat dalam misi pertempuran nyaris setiap hari hingga pesawat yang dia ditembak jatuh pada 1967.

    Jenazahnya belum ditemukan sampai lebih dari lima dekade kemudian.

    Knight menerima penghargaan Air Force Cross, Silver Star, Flying Cross, Purple Heart, serta enam Air Medals untuk peran dan keterlibatannya selama perang.

    Hak atas foto Twitter/Jackson Proskow Image caption Para penumpang berkerumun di dekat jendela bandara Dallas saat pesawat yang membawa jenazah Knight tiba.

    Pada hari Kamis, saat jenazahnya tiba di bandara Dallas dengan menggunakan maskapai Southwest Airline, membuat sebagian calon penumpang berdiam diri untuk menghormatinya.

    “Itu adalah momen yang sangat mengharukan,” kata juru bicara bandara Dallas Love Field, Chris Perry.

    Perry mengaku sebelumnya beberapa kali melihat jenazah para veteran dipulangkan melalui bandara itu, namun respon atas kedatangan jasad Knight “sangatlah unik”, yang ditandai sambutan yang luar biasa besar.

    Wartawan Global News, Jackson Proskow, yang meliput kedatangan pesawat yang membawa jasad Knight ke Dallas, menyebut sambutannya “sungguh istimewa”.

    Foto-foto para penumpang yang berkerumun di sekitar jendela terminal, memperlihatkan bahwa mereka sampai menempelkan hidunya ke kaca agar dapat melihat jenazah Knight tiba.

    Karyawan maskapai Southwest Airlines membagikan bendera Amerika kepada semua calon penumpang yang menyebut di ruangan tersebut.

    “Momen yang luar biasa untuk disaksikan. Hampit semua sudut bandara menjadi sunyi,” tulis Proskow.

    Cuitan Proskow di akun Twitternya menghasilkan lebih dari 18 ribu retweet dan 40 ribu menyukainya.

    Banyak yang berkomentar tentang “keindahan” sambutan atas Knight.

    Dan beberapa orang menganggap momen di bandara Dallas ini menghadirkan momen langka perihal persatuan di negara itu, menyusul insiden penembakan massal di Texas dan Ohio pada pekan ini yang mengguncang AS.

    Lompati Twitter pesan oleh @lisalmontgomery

    As I read this thread I got chill bumps. This Country has its problems, but I am blessed to call it home and it’s because of things like this when you see humanity in its finest hour.

    — Lisa Montgomery (@lisalmontgomery) 8 Agustus 2019

    Hentikan Twitter pesan oleh @lisalmontgomery

    “Saya pikir acara seperti ini selalu menyatukan masyarakat, utamanya ketika melihat sesuatu yang spesial, ” kata Perry.

    Kolonel Knight lahir di Garner, Texas pada Februari 1931. Ia bergabung dengan Angkatan Udara AS hanya beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-17, mengikuti lima kakak lelakinya yang semuanya bertugas selama Perang Dunia Kedua.

    Dia diterima untuk pelatihan pilot pada 1957, sebelum bertugas di Jerman dan Prancis sebagai pilot pesawat tempur. Putranya, Bryan, yang menerbangkan ayahnya pada hari Kamis, lahir di Prancis selama periode ini, sementara ayahnya ditempatkan di Toul-Rosieres.

    Pada 1967, Kolonel Knight menerima penugasan di Asia Tenggara dan dilaporkan bertugas Skuadron Tempur 602 di Pangkalan Angkatan Udara Thailand di Udorn.

    Dari sana, dia terlibat dalam misi pertempuran hingga pesawatnya ditembak jatuh saat berusaha melakukan serangan terhadap proyek pembangunan jalan (Ho Chi Minh Trail) di Laos.

    Hak atas foto Twitter/Jackson Proskow Image caption Para kru di bandara Dallas, AS, memberikan sambutan khusus untuk menyambut kedatangan jenazah Kolonel Knight

    Dia awalnya dinyatakan hilang dalam misinya itu, tetapi tujuh kemudian, dia dinyatakan terbunuh. Ketika itulah, dia dipromosikan dengan kenaikan pangkat menjadi Kolonel.

    Pemakaman Kolonel Knight akan digelar akhir pekan ini, dengan upacara militer.


    Artikel yang berjudul “Jenazah veteran Perang Vietnam yang ‘hilang’ disambut luar biasa di kota kelahirannya” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments