• Breaking News

    Hutan Amazon kebakaran hebat, pemerintah Brasil dituding ‘percepat laju deforestasi’

    Institut Nasional untuk Riset Antariksa Brasil (Inpe) mengatakan data satelitnya menunjukkan insiden kebakaran hutan yang terjadi saat ini meningkat 84% dibandingkan jumlah dalam periode yang sama pada 2018.

    Inpe mengatakan mereka mendeteksi lebih dari 72.000 kebakaran antara Januari dan Agustus — angka terbesar yang tercatat sejak 2013. Badan itu mengatakan telah mengamati lebih dari 9.500 kebakaran hutan sejak Kamis pekan lalu (15/08), sebagian besar terjadi di wilayah Amazon.

    Citra satelit menunjukkan negara bagian paling utara Brasil, Roraima, diselimuti asap gelap; sementara wilayah tetangganya, Amazonas, menyatakan kondisi darurat terkait kebakaran hutan.

    Simak juga:

    Laporan tentang meningkatnya kebakaran hutan muncul di tengah kritik terhadap kebijakan lingkungan Presiden Bolsonaro.

    Ricardo Mello, kepala program World Wide Fund for Nature (WWF) untuk Amazon, mengatakan kebakaran adalah “konsekuensi dari peningkatan deforestasi yang terlihat dalam data baru-baru ini.”

    Para ilmuwan mengatakan Amazon mengalami deforestasi, atau proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayunya, dengan laju yang semakin cepat sejak sang presiden mulai menjabat pada Januari, dengan kebijakan yang lebih memihak pada pembangunan daripada konservasi.

    Di bawah pemerintahan Bolsonaro, penyitaan kayu dan hukuman untuk kejahatan terhadap lingkungan berkurang.


    Artikel yang berjudul “Hutan Amazon kebakaran hebat, pemerintah Brasil dituding ‘percepat laju deforestasi'” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments