• Breaking News

    Brexit: Pemerintah bekukan parlemen, warga Inggris turun ke jalan

    Perdana Menteri Inggris Boris Johnson membekukan parlemen menjelang batas akhir keluarnya Inggris dari Uni Eropa, proses yang dikenal dengan Brexit.

    Berdasarkan kesepakatan, Inggris akan keluar dari blok Uni Eropa pada 31 Oktober.

    Namun, PM Johnson meminta Ratu Elizabeth II untuk membekukan parlemen pada Rabu (28/08) terhitung mulai tanggal 10 September. Sidang akan kembali dilanjutkan pada 12 Oktober.

    Simak juga:

    Langkah ini bermakna bahwa parlemen kemungkinan besar tidak akan memiliki cukup waktu untuk membahas segala rancangan undang-undang yang dimaksudkan menghalangi Inggris keluar dari Uni Eropa.

    Tanggal Inggris keluar dari Uni Eropa sudah ditetapkan dalam undang-undang, jadi jika tidak ada perubahan sama sekali maka secara otomatis Inggris tetap akan keluar dari keanggotaan Uni Eropa, baik dengan kesepakatan atau tanpa kesepakatan.

    Pemimpin oposisi dari Partai Buruh, Jeremy Corbyn, menggambarkan tindakan Johnson sebagai “perampokan demokrasi” karena pembekuan pada praktiknya tidak memberi kesempatan bagi parlemen untuk mengawasi pemerintah dalam mengambil keputusan penting seperti Brexit.


    Artikel yang berjudul “Brexit: Pemerintah bekukan parlemen, warga Inggris turun ke jalan” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments