• Breaking News

    Avengers: Relawan siaga gempa di Sesar Lembang

    Gempa 6,9 SR yang melanda wilayah Banten pada Jumat (02/08) membuat banyak warga panik.

    Getaran kencang yang terasa hingga ke beberapa provinsi, termasuk Jakarta, Jawa Barat bahkan hingga Yogyakarta dan Bali, membuat banyak orang berhamburan keluar rumah dan gedung-gedung tinggi untuk menyelamatkan diri.

    Sebagian besar warga mengaku panik karena tidak pernah mendapatkan pelatihan penyelamatan diri terkait gempa.

    Berbeda dengan di Bandung. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membentuk komunitas relawan siaga dari masyarakat setempat, yang diberi nama Avengers.

    Simak juga:

    Anggota ‘superhero’ bencana ini bukan hanya pria muda berotot, melainkan juga perempuan paruh baya, seperti Teti Hadiyati (54).

    “Avengers itu superhero yang selalu siap dalam menanggulangi bencana. Siap, selalu tangguh!” kata Teti, yang menjadi relawan karena “panggilan jiwa”.

    “Saya sebagai relawan Avengers itu panggilan jiwa karena mendengar di sini ada Sesar Lembang. Wallahualam kapan (gempa) terjadinya, mungkin banyak korban.

    “Intinya, ingin membantu, yang betul-betul membutuhkan tenaga anggota relawan, untuk membantu masyarakat yang terkena bencana,” katanya.

    Avengers lokal ini terbentuk pada 2016 usai mengikuti kegiatan pelatihan siaga bencana di tingkat kecamatan di Kabupaten Bandung. Sebanyak 30 relawan direkrut dan mereka kemudian membentuk komunitas relawan.

    Untuk menyampaikan materi kesiagaan gempa, Teti dan rekannya Ai Sukaesih, menggunakan paparan langsung, leaflet, buku panduan, serta lagu, agar lebih mudah diingat.

    Produser: Julia Alazka; Kamera: Dicky Nawazaki; Editor: Anindita Pradana


    Artikel yang berjudul “Avengers: Relawan siaga gempa di Sesar Lembang” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments