• Breaking News

    Studio animasi Jepang diduga dibakar, 12 orang dikhawatirkan tewas

    kyotoHak atas foto Reuters Image caption Foto udara menunjukkan dinas pemadam kebakaran berjuang menghentikan kobaran api di studio Kyoto Animation Co.

    Sedikitnya 12 orang dikhawatirkan tewas dan puluhan lainnya cedera dalam peristiwa yang diduga aksi pembakaran di sebuah studio animasi di Kyoto, Jepang.

    Media setempat yang mengutip keterangan polisi menyebutkan seorang pria menyeruak ke dalam studio Kyoto Animation Co pada Kamis (18/07) dan menyemprotkan cairan tak dikenal.

    Pria itu, yang identitasnya tidak disebutkan, telah ditahan dan dibawa ke rumah sakit lantaran menderita cedera.

    Adapun sekitar 30 orang belum diketahui keberadaannya, sebagaimana dilaporkan NHK.

    Kebakaran berlangsung di gedung berlantai tiga itu sekitar pukul 10.30 pagi waktu setempat (08.30 WIB) dan upaya penyelamatan masih berlangsung.

    Hak atas foto Reuters Image caption Kebakaran tersebut diduga disengaja.

    Sejumlah saksi mata mendengar bunyi ledakan keras dan disusul kebakaran dahsyat yang mengepung gedung, sebut koresponden BBC di Tokyo, Rupert Wingfield-Hayes.

    “Kami berupaya mengeluarkan sejumlah saksi yang terjebak di dalam gedung berlantai tiga, termasuk mereka yang mungkin tidak bisa bergerak,” kata juru bicara dinas pemadam kebakaran kepada AFP.

    “Seorang pria melemparkan cairan dan membakarnya,” ujar juru bicara kepolisian prefektur Kyoto kepada AFP.

    NHK melaporkan pria itu terdengar mengatakan “jatuh mati” selagi membakar gedung.

    Belum diketahui apa hubungan pria tersebut dengan studio animasi.

    “Seseorang dengan rambut terbakar terbaring dan ada jejak kaki berdarah,” kata seorang perempuan berusia 59 tahun yang tinggal dekat lokasi kejadian, kepada kantor berita Kyodo.

    Kyoto Animation, yang dikenal dengan sebutan KyoAni, didirikan pada 1981 dan telah memproduksi sejumlah tayangan animasi animation termasuk “K-On” dan”The Melancholy of Haruhi Suzumiya”.

    Di media sosial, banyak penggemar memgutarakan kekagetan mereka dan mengunggah foto tayangan animasi KyoAni.


    Artikel yang berjudul “Studio animasi Jepang diduga dibakar, 12 orang dikhawatirkan tewas” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments