• Breaking News

    Peringatan tsunami dikeluarkan setelah gempa magnitudo 6,9 di Laut Maluku

    Laut MalukuHak atas foto Google

    Pemerintah Indonesia mengeluarkan peringatan tsunami untuk kawasan pantai di Sulawesi Utara dan Maluku Utara pada Minggu (07/07) malam setelah terjadi gempa dengan magnitido 6,9.

    Gempa terjadi di kedalaman 24 kilometer dan berada di perairan Laut Maluku antara Sulawesi Utara dan Maluku Utara, menurut informasi yang dikeluarkan badan geologi Amerika Serikat, USGS.

    Informasi yang diunggah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di akun Twitter resmi badan ini menyebutkan pusat gempa berada 136 kilometer di barat daya Ternate.

    BMKGmengeluarkan peringatan dini tsunami sekitar pukul 22.22 WIB.

    Warga di Ternate, Budi Nurgianto, kepada kantor berita AFP mengatakan bahwa ia dan warga di Ternate panik ketika gempa mengguncang.

    “Saya tengah bersiap untuk tidur ketika jendela mulai bergetar,” kata Budi.

    Mengapa gempa terus terjadi di Indonesia? Gempa 6,9 skala Richter timbulkan kepanikan di Banggai

    Ia menuturkan guncangannya sangat keras dan ia bersama tetangga menyelamatkan diri dengan keluar rumah.

    Tahun lalu, gempa dengan magnitudo 7,5 terjadi di Palu dan sekitarnya di Sulawesi Tengah, menyebabkan tsunami dengan korban meninggal tak kurang dari 2.200 orang.

    Pada 28 Desember 2004, gempa dahsyat dengan magnitudo 9,1 menimbulkan tsunami di kawasan ujung barat Indonesia dengan korban meninggal di Aceh mencapai 168.000 orang.

    Di kawasan, gempa ini menyebabkan tak kurang dari 220.000 orang meninggal dunia.

    Berita ini masih akan diperbarui.


    Artikel yang berjudul “Peringatan tsunami dikeluarkan setelah gempa magnitudo 6,9 di Laut Maluku” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments