• Breaking News

    Perenang Inggris tolak bergabung di podium, perenang China: ‘Kamu pecundang, saya pemenang!’

    renangHak atas foto Getty Images Image caption Sun Yang (kanan) terekam menghardik Duncan Scott (kiri): ‘Kamu pecundang, saya pemenang!”

    Perenang China, Sun Yang, kembali menjadi sorotan setelah dia meraih medali emas pada nomor 200 meter gaya bebas dalam Kejuaraan Akuatik Dunia di Gwangju, Korea Selatan.

    Sun menghardik perenang Inggris peraih medali perunggu, Duncan Scott, yang enggan naik ke podium bersama-sama.

    Sun berkata di hadapan Scott, “kamu pecundang, saya pemenang!”

    Tindakan Scott adalah kejadian kedua yang dialami Sun dalam kejuaraan tersebut.

    Sebelumnya, perenang Australia, Mack Horton, melakoni aksi serupa pada Minggu (21/07) terhadap perenang yang pernah dia juluki “curang pakai doping”. Horton juga menolak berjabat tangan dengan Sun atau berpose bersama saat sesi foto.

    Hak atas foto Reuters Image caption Duncan Scott (paling kanan) menolak bergabung dengan Sun Yang (tengah) dan dua perenang lainnya di podium.

    Atas aksi mereka yang “tidak pantas”, Federasi Renang Dunia (FINA) mengeluarkan “surat peringatan” baik kepada Scott maupun Horton.

    “Saya satu tim dengan Mack,” kata Scott.

    “Jika (Sun) tidak menghormati olahraga kita, maka mengapa saya harus menghormati dia? Saya pikir banyak orang, semua pihak dalam olah raga renang, mendukung yang dilakukan Mack,” sambungnya.

    Perenang berusia 22 tahun itu menambahkan, “Semoga ini akan terjadi di banyak pertandingan”.

    Hak atas foto Reuters Image caption Perenang Australia, Mack Horton (kiri), menolak berjabat tangan dengan Sun Yang.

    Scott sejatinya menempati finis di urutan keempat bersama atlet Rusia, Martin Malyutin ,dengan catatan waktu 1 menit, 45.63 detik.

    Namun, lantaran perenang Danas Rapsys didiskualifikasi akibat melakukan kesalahan gerakan saat lomba dimulai, Scott dan Malyutin menyodok ke urutan tiga.

    Adapun Sun Yang, yang menempati posisi kedua, didapuk menjadi juara. Kemudian, perenang Jepang, Katsuhiro Matsumoto, meraih medali perak.

    “Saya cukup kecewa dengan catatan waktu, namun saat Anda berada pada level ini, catatan waktu menjadi tidak penting dan yang utama adalah masuk ke tiga besar.

    “Saya pikir (pendiskualifikasian Rapsys) karena start, tidak banyak cara lain dalam gaya bebas.

    “Sulit karena saya mendapat keuntungan dari kemalangan orang lain dan saya ingin langsung menang, tapi saya menerimanya,” papar Scott.


    Artikel yang berjudul “Perenang Inggris tolak bergabung di podium, perenang China: ‘Kamu pecundang, saya pemenang!'” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments