• Breaking News

    Mengintip Koleksi Kacamata Hitam yang Tak Berlensa Gelap

    Tak hanya gaya yang jadi pertimbangan, banyak unsur lain yang harus diperhatikan kala membeli kacamata hitam. Dilansir dari laman hellosehat.com, kacamata hitam haruslah memiliki proteksi dari sinar UV 100 persen. Pastikan ada label UV 400nm atau 100% UV protection tertera pada kacamata hitam yang akan dipilih.

    Bahan lensa juga harus jadi perhitungan. Secara umum, ada tiga jenis lensa yang biasa digunakan untuk kacamata hitam, yakni polikarbonat, CR-39, dan kaca, dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Khusus untuk CR-39, itu terbuat dari polimer plastik, memiliki lapisan anti-gores, dan tahan terhadap bahan kimia.

    Soal warna lensa, lensa hitam tak selalu menghalangi sinar UV. Bila tanpa protekssi, kacamata hitam yang dipakai justru akan membahayakan mata Anda karena lensa gelap memaksa pupil terbuka lebih besar sehingga cahaya yang masuk ke mata lebih banyak.

    Lensa kacamata hitam semestinya juga terpolarisasi. Itu berfungsi untuk mengurangi silau di pantai, permukaan air, jalanan beraspal, dan permukaan datar lain yang memantulkan cahaya. Sedangkan, lensa photo-chromatic akan mengubah cahaya terang menjadi lebih redup saat terpapar sinar UV. Namun, lensa-lensa ini tetap tidak bisa menggantikan fungsi dari UV protection.

    Berikutnya, jangan abaikan soal komposisi bingkai kacamata. Bahan bingkai akan memengaruhi berat kacamata saat dikenakan. Selain itu, kecocokan ukuran juga harus diperhatikan karena bila tidak pas, justru sinar UV, pasir, dan debu gampang masuk ke mata.

     

    Artikel yang berjudul “Mengintip Koleksi Kacamata Hitam yang Tak Berlensa Gelap” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments