• Breaking News

    Hujan deras melanda Jepang, satu juta orang diperintahkan mengungsi

    Sungai Futami di Yatsushiro, Kumamoto Prefecture, Pulau KyushuHak atas foto Reuters Image caption Curah hujan sebesar 1.000 milimeter jatuh di Pulau Kyushu, Jepang, sejak bulan Juni lalu, dan perintah mengungsi telah dikeluarkan pemerintah.

    Lebih dari satu juta orang di Pulau Kyushu, Jepang, diperintahkan untuk segera mengungsi karena ancaman longsor dan banjir akibat hujan deras sejak akhir Juni.

    Pihak berwenang memerintahkan penduduk di prefektur Kagoshima dan Miyazaki untuk segera mencari tempat yang lebih aman.

    Dilaporkan sampai Kamis (04/07) dua orang meninggal dunia, seorang perempuan di kota Kagoshima sesudah longsoran lumpur menimpa rumahnya, dan seorang lagi dinyatakan hilang.

    Perdana Menteri Shinzo Abe menyerukan kepada penduduk di kota-kota yang terkena dampak untuk “mengambil langkah yang perlu untuk melindungi diri”.

    Prefektur Kagoshima meminta pasukan bela diri Jepang untuk memberi bantuan, kata Gubernur Satoshi Mitazono seperti dilaporkan media.

    Seluruh penduduk di kota-kota di Kagoshima seperti Kirishima dan Aira telah diperintahkan untuk mengungsi, sementara sekitar 930.000 orang lainnya tinggal di kawasan selatan Pulau Kyushu dan mereka juga sudah diperintahkan mengungsi.

    Sekalipun demikian, pada pukul 4 sore waktu setempat, Badan Pengelola Kebakaran dan Bencana Jepang melaporkan kurang hanya dari 4.000 orang yang mengungsi.

    Image caption Bahaya tanah longsor akibat banjir di Kyushu sesudah hujan deras.

    Pejabat badan meteorologi menyatakan curah hujan hingga 1.000 milimeter jatuh di Kyushu sejak hari Jumat (28/06) dan terus berlanjut ke minggu berikutnya.

    Hujan lanjutan diperkirakan akan jatuh di bagian utara dan selatan pada Kamis (04/07) pagi, dan beberapa area diperkirakan akan mendapat curah hujan lebih dari 80 milimeter per jam.

    Menurut badan tersebut, curah hujan satu bulan bisa menghantam Kyushu hanya dalam tempo 24 jam.

    Sementara itu Pulau Shikoku juga diperkirakan akan menerima curah hujan sebesar 250 milimeter pada periode yang sama.

    Diperkirakan, hujan akan terus menghantam kepulauan Jepang hingga hari Sabtu (06/07).

    Bulan Juli tahun lalu, lebih dari 200 orang meniggal dunia di bagian barat Jepang sesudah negeri itu dilanda bencana banjir paling buruk dalam dekade terakhir.

    Ini merupakan angka kematian tertinggi yang disebabkan oleh hujan di Jepang sejak tahun 1982.

    Sekitar dua juga orang diungsikan dan lebih dari 70.000 tenaga layanan darurat dikerahkan sesudah hujan deras menyebabkan banjir dan longsor di beberapa daerah.


    Artikel yang berjudul “Hujan deras melanda Jepang, satu juta orang diperintahkan mengungsi” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments