• Breaking News

    Click: Minyak goreng dari ulat hingga robot sekecil kapsul, teknologi yang menjadi solusi

    Hutan, ulat jerman Image caption Ulat Jerman bisa menggantikan kelapa sawit

    Minyak goreng dari ulat Jerman hingga robot berukuran nano yang diberi nama Primer, siap menjadi solusi saat ini dan masa depan.

    Para mahasiswa di Malang berniat untuk mengurangi pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit dengan menghadirkan alternatif bahan baku minyak goreng, yakni ulat Jerman.

    Harapannya, dalam 10 tahun ke depan, produk minyak goreng berbahan ulat Jerman bisa beredar luas di pasaran.

    Image caption Wartawan BBC yang mencoba mentega ulat Jerman: “Tidak ada bedanya dengan mentega dari kelapa sawit.”

    Tidak hanya minyak goreng, produk olahan lainnya, seperti mentega juga dihasilkan. Dalam program Click yang tayang di Kompas TV setiap Minggu pukul 11.30 WIB, memaparkan proses pembuatan ulat Jerman hingga jadi minyak goreng dan siap dikonsumsi.

    Robot berukuran kecil

    Sementara itu, di Massachusetts Institute of Technology, Shuguang Li dan timnya menciptakan robot yang ukurannya bisa lebih kecil dari kapsul.

    Image caption Robot bernama Primer ini bisa mengubah bentuknya menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar

    Robot ini dapat berubah bentuk untuk terus bergerak, hingga dapat masuk ke dalam perut manusia dan mengeluarkan benda asing yang tidak sengaja tertelan.

    Bahkan, robot juga bisa digunakan dalam misi penjelajahan luar angkasa pada masa mendatang.

    Program Click yang memuat informasi tentang teknologi dan masa depan dapat anda saksikan dalam Youtube Channel BBC News Indonesia, atau Kompas TV setiap minggu, pukul 11.30 WIB.


    Artikel yang berjudul “Click: Minyak goreng dari ulat hingga robot sekecil kapsul, teknologi yang menjadi solusi” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments