• Breaking News

    Click: Air untuk mengemat bahan bakar hingga memasang listrik di lereng Himalaya

    Teknologi, HHO Image caption Wartawan BBC, Mehulika Sitepu menjelaskan tentang penghematan bahan bakar yang bisa dilakukan dengan teknologi HHO.

    Kali ini Click membahas tentang energi; dari Indonesia teknologi penghemat bahan bakar diciptakan, sampai sebuah desa di Himalaya yang akhirnya dapat menikmati listrik setelah ribuan tahun hidup tanpa listrik.

    Wartawan BBC News Indonesia, Mehulika Sitepu mengajak Anda ke lautan Indonesia. Mencoba teknologi HHO (Hidrogen Hidrogen Oksigen) di sebuah perahu bersama peneliti dari Universitas Nasional Jakarta.

    Teknologi itu mengubah air menjadi penghemat bahan bakar. HHO diklaim bisa menghemat bahan bakar antara 20 hingga 70 persen.

    Apakah ada hasilnya? Dalam dua uji coba yang ditayangkan dalam program Click setiap hari Minggu, pukul 11.30 WIB di Kompas TV, akan dijelaskan bagaimana penghematan bahan bakar dilakukan.

    Kota pertama di Amerika Serikat yang menggunakan panel surya

    Berbicara tentang penghematan energi, Babcock Ranch, menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang sepenuhnya menggunakan energi dari tenaga surya.

    Image caption Lebih dari 4000 panel surya terpasang untuk penyediaan listrik seisi kota.

    Lahan yang dibutuhkan untuk panel surya seluas 178 hektar agar panel surya dapat menyediakan listrik untuk seisi kota.

    Desa tanpa listrik selama ribuan tahun di lereng Himalaya

    Panel surya juga dipasang hingga daerah yang paling terisolasi di pegunungan Himalaya.

    Selama ribuan tahun, desa di Pegunungan Himalaya ini masih menggunakan lampu minyak sebagai sumber penerangan ketika hari mulai gelap.

    Image caption Desa yang terisolasi di lereng Himalaya akhirnya bisa merasakan hidup dengan penerangan bersumber listrik.

    Ada 50 orang yang tinggal di desa ini. Mereka bermukim di bawah tebing-tebing granit.

    Ketika hari mulai gelap, sumber cahaya sangatlah terbatas. Tetapi kini, panel-panel surya yang terpasang bisa membantu warga desa agar tidak pergi ke kota hanya untuk mendapatkan listrik.

    Program Click yang memuat informasi tentang teknologi dan masa depan dapat anda saksikan dalam Youtube Channel BBC News Indonesia, atau Kompas TV setiap minggu, pukul 11.30 WIB.


    Artikel yang berjudul “Click: Air untuk mengemat bahan bakar hingga memasang listrik di lereng Himalaya” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments