• Breaking News

    6 Jenis Sushi Populer yang Wajib Anda Tahu

    Makizushi dikenal sebagai “norimaki” karena suhsi jenis ini dibuat dengan cara nasi dan bahan-bahannya digulung secara hati-hati dalam selembar rumput laut nori, yang kemudian dipotong-potong kecil.

    Diyakini bahwa makizushi muncul pada awal 1700-an, segera setelah lembaran nori ditemukan dengan teknik serupa yang digunakan untuk pembuatan kertas. Nama norimaki terdiri dari dua kata Jepang: “Maki” yang berarti roll dan “nori” mengacu pada lembaran rumput laut nori panggang yang digunakan untuk membungkus bahan.

    Maki zushi juga terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu homosaki dan futomaki. Sushi roll yang tebal dengan isi yang banyak disebut futomaki dan sushi roll yang tipis dengan isi yang sedikit disebut hosomaki. Sedangkan, sushi roll terkenal yang diciptakan di luar Jepang bernama California Roll.

    Makizushi dapat dibuat sendiri di rumah ataupun untuk acara makan-makan. Hanya perlu menyiapkan bahan untuk membuatnya seperti tuna, mayones, mentimun, telur, labu (kanpyo) atau wortel. Tak lupa wijen untuk ditabur saat selesai digulung.

    4. Temaki

    Temaki atau sushi linting tangan. Seperti namanya, temaki dibuat dengan menambahkan lapisan nasi ke dalam nori (rumput laut) dan menambahkan sayuran, makanan laut atau pun telur ikan. Nori kemudian digulung dengan menggunakan tikar bambu dan dibentuk seukuran telapak tangan. Temaki bisa dimakan menggunakan shoyu ataupun wasabi, hal ini tergantung selera masing-masing

    Temaki biasanya berbentuk kerucut menyerupai es krim. Temaki dapat dibuat dengan menggunakan lauk sesuai selera masing-masing, tidak harus ikan maupun sayuran. Sangat mudah membuat sushi jenis ini di rumah. Selain isian, di atas temaki biasanya berisi acar dan juga cumi.


    Artikel yang berjudul “6 Jenis Sushi Populer yang Wajib Anda Tahu” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments