• Breaking News

    KTT G20: Trump dan Xi Jinping sepakat memulai kembali pembicaraan perdagangan AS-China

    TrumpHak atas foto AFP Image caption Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping mencapai kesepakatan tersebut di sela-sela KTT G20 di Jepang.

    Amerika Serikat dan China sepakat melanjutkan kembali negosiasi perdagangan, meredakan perselisihan berlarut-larut yang telah memicu perlambatan ekonomi global.

    Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping mencapai kesepakatan tersebut di sela-sela KTT G20 di Jepang.

    Trump mengatakan pembicaraan tersebut “sangat baik”.

    Dia mengancam akan mengenakan tarif tambahan pada produk impor China sebesar $300 miliar (hampir Rp3.950 triliun).

    AS dan China – dua ekonomi terbesar di dunia – terlibat dalam perang dagang selama setahun terakhir.

    Berbicara kepada wartawan setelah pertemuannya dengan Xi Jinping di sela-sela KTT, Trump mengatakan negosiasi kembali ke jalurnya.

    “Kami melakukan pertemuan yang sangat baik dengan Presiden Xi dari China, luar biasa, saya akan mengatakan sangat baik, sebaik yang akan terjadi,” kata Trump kepada wartawan.

    “Kami membahas banyak hal dan kami segera kembali ke jalur yang benar dan kami akan melihat apa yang terjadi.”

    Kantor berita resmi China, Xinhua melaporkan, Kementerian luar negeri China mengatakan AS sepakat tidak mengenakan tarif baru atas produk impor China. Pihak AS sejauh ini belum mengkorfimasi hal ini.

    Dikatakan bahwa negosiator dari kedua belah pihak akan membahasnya secara terperinci, namun tidak diberikan uraian lebih lanjut.

    Xinhua juga mengutip pernyataan Xi: “China dan AS memiliki kepentingan yang sangat terintegrasi dan area kerja sama yang luas dan mereka tidak boleh terjatuh dalam apa yang disebut jebakan konflik dan konfrontasi.”


    Artikel yang berjudul “KTT G20: Trump dan Xi Jinping sepakat memulai kembali pembicaraan perdagangan AS-China” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments