• Breaking News

    Krisis air bersih, warga Venezuela mencari air hingga ke saluran pembuangan

    Setelah krisis listrik, kini krisis air menyusul di Venezuela. Kelangkaan listrik membuat pompa tidak dapat mengalirkan air ke penjuru kota.

    Banyak warga membawa jerigen dan mengantre di sumber-sumber air di sudut kota, bahkan sejumlah orang mencari sumber air dari saluran pembuangan.

    Keadaan ini dapat memperparah kiris, karena menurut dokter spesialis penyakit tropik, belum tentu air yang digunakan warga itu bersih. Bisa jadi mengandung bakteri dan virus berbahaya.

    Krisis air yang terjadi di Caracas merupakan imbas dari pemadaman listrik di kota itu.

    Awalnya terjadi pada akhir Maret 2019 lalu, Ibu kota Venezuela, Caracas, untuk pertama kalinya terlihat gelap gulita.

    Daya listrik sempat pulih empat jam kemudian, namun pemadaman kedua terjadi.

    Pemadaman listrik berskala nasional – yang terjadi beberapa hari pada awal bulan ini – telah mendorong aksi penjarahan dan menambah rasa frustasi warga di sebagian wilayah negara itu.

    Presiden Venezuela, Nicolás Maduro menyatakan terjadinya pemadaman listrik akibat “serangan” kubu oposisi, yang dipimpin Juan Guaido.

    Sebaliknya, kubu oposisi mengatakan terjadinya pemadaman listrik akibat minimnya investasi dan praktek korupsi selama dua dekade oleh pemerintahan sosialis.

    “Lihatlah apa yang telah pemerintah perbuat terhadap kami, rakyat Venezuela,” ujar seorang warga.


    Artikel yang berjudul “Krisis air bersih, warga Venezuela mencari air hingga ke saluran pembuangan” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments