• Breaking News

    Trump sebut ‘pembunuh jahat’ berada di balik hilangnya wartawan Khashoggi

    turkiHak atas foto EPA Image caption Divisi Forensik Kepolisian Turki memasang barikade di sekitar Konsulat Arab Saudi di Istanbul guna melangsungkan penyelidikan atas hilangnya wartawan Saudi, Jamal Khashoggi.

    Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyebutkan bahwa “pembunuh jahat” boleh jadi berada di balik peristiwa hilangnya wartawan Jamal Khashoggi di Turki.

    Berbicara kepada wartawan seusai berbincang dengan Raja Salman melalui telepon, Trump mengatakan pemimpin Kerajaan Arab Saudi itu menyanggah tahu apa yang terjadi pada Khashoggi.

    “Raja dengan tegas membantah mengetahui peristiwa itu. Dia benar-benar tidak tahu. Saya tidak mau berpihak padanya, tapi kelihatannya itu dilakukan pembunuh jahat, saya tidak tahu. Kita akan menuntaskan kasus ini dengan segera,” kata Trump, tanpa menyediakan bukti atas komentarnya.

    Kepada CNN, dua sumber yang tidak dipublikasikan identitasnya mengklaim Arab Saudi tengah bersiap mengakui bahwa Khashoggi meninggal dunia akibat proses interogasi yang salah mengingat niat awal adalah menculiknya.

    Hak atas foto AFP Image caption Barikade pengaman di sekitar gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul.

    Secara terpisah, saluran berita Al Jazeera mengutip kantor kejaksaan Turki yang mengaku menemukan bukti bahwa Khashoggi dibunuh di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul.

    Sebelumnya, sebuah sumber dari pihak keamanan Turki mengatakan kepada BBC bahwa para petugas memiliki bukti audio dan video yang menguatkan dugaan Khashoggi dibunuh di dalam gedung konsulat.

    Hak atas foto AFP Image caption Para penyidik Arab Saudi tiba di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, mendahului para penyidik Turki, Senin (15/10).

    Sejauh mana investigasi berlangsung?

    Pada Senin (15/10), Raja Salman memerintahkan penyelidikan dilangsungkan untuk mengetahui keberadaan Jamal Khashoggi.

    Arab Saudi juga mengundang Turki untuk membentuk satuan tugas gabungan guna melancarkan investigasi.

    Alhasil pada Senin (15/10) sore waktu setempat, sejumlah penyidik memasuki gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul. Tim penyidik Arab Saudi masuk ke tempat itu, diikut divisi forensic Kepolisian Turki sejam kemudian.

    Namun, sebelum para penyidik melakukan tugas mereka, sekumpulan petugas pembersih terlihat lebih dulu masuk ke gedung konsulat.


    Artikel yang berjudul “Trump sebut ‘pembunuh jahat’ berada di balik hilangnya wartawan Khashoggi” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments