• Breaking News

    Kasus ‘pembunuhan’ Jamal Khashoggi: Aksi protes digelar di depan kedutaan Saudi di Jakarta

    Aksi di depan kedutaan Saudi di JakartaHak atas foto Reuters Image caption Para peserta aksi mendesak kasus hilangnya wartawan Jamal Khashoggi diusut tuntas.

    Aksi protes digelar di depan kantor kedutaan Arab Saudi di Jakarta, hari Jumat (19/10), menuntut pertanggungjawaban Saudi atas dugaan pembunuhan terhadap wartawan veteran Jamal Khashoggi.

    Khashoggi, yang menulis untuk The Washington Post, terekam memasuki kantor konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober untuk mengurus surat-surat perceraian, tapi sejak itu tak diketahui keberadaannya.

    Para pejabat Turki mengatakan diyakini Khashoggi -yang dikenal kritis terhadap pemerintah Saudi- telah dibunuh, namun pemerintah di Riyadh menolak klaim tersebut.

    Aksi protes secara damai di Jakarta diikuti oleh sejumlah wartawan.

    Mereka membawa poster dan meneriakkan pertanyaan di mana Khashoggi. Mereka juga menuntut Saudi menghormati hak asasi manusia.

    Hak atas foto AFP Image caption Jamal Khashoggi mengasingkan diri ke AS pada Desember 2017 setelah secara terbuka mengkritik berbagai kebijakan pemerintah Saudi.

    “Arab Saudi adalah negara besar, negara panutan bagi umat Islam di Indonesia … kalau sampai Saudi melakukan pelanggaran hak asasi manusia, itu sangat menyedihkan,” kata Firra Abdurrahman, salah satu wartawan yang mengikuti aksi.

    Khashoggi dibunuh di konsulat? Donald Trump ‘membela’ Arab Saudi Dugaan pembunuhan Khasoggi: ‘Jasadnya mungkin dibuang di hutan atau lahan pertanian’

    “Sangat menyedihkan, negara yang kami puja-puji telah melakukan pelanggaran HAM terhadap jurnalis di negaranya,” kata Fira.

    Peserta aksi lain, Sarah, mengatakan ia dan rekan-rekannya ingin tahu mengapa Khashoggi hilang.

    “Kami juga meminta pemerintah Indonesia memberi tekanan yang lebih besar kepada Arab Saudi,” kata Sarah sambil menambahkan apa yang terjadi terhadap Khashoggi sangat berbahaya bagi jurnalisme.

    Kasus dugaan pembunuhan Khashoggi mendorong tokoh-tokoh politik dan ekonomi dunia urung menghadiri acara forum ekonomi di Saudi pekan depan.


    Artikel yang berjudul “Kasus ‘pembunuhan’ Jamal Khashoggi: Aksi protes digelar di depan kedutaan Saudi di Jakarta” ini telah terbit pertama kali di:

    Sumber berita

    No comments